Perpanjangan Paspor Indonesia di Sydney

Perpanjangan Paspor Indonesia

Lima tahun yang lalu saya menulis tentang cara pembuatan paspor di Sydney untuk paspor Indonesia dan Australia di blog gratisan (blogger). Untuk artikel kali ini, saya akan membagi menjadi tiga bagian:
– Perpanjangan Paspor Indonesia
– Mengurus paspor Indonesia untuk anak (tautan menyusul)
– Mengurus paspor Australia untuk anak (tautan menyusul)

Di bagian pertama ini, saya akan menuliskan langkah-langkah yang saya tempuh untuk perpanjangan paspor Indonesia di Sydney. (kenapa Sydney? Karena saya tinggal di Sydney.) Mengurus paspor untuk dewasa relatif lebih mudah persyaratannya dibandingkan dengan mengurus paspor untuk anak.

Berikut langkah-langkah yang saya tempuh dalam pengurusan perpanjangan paspor Indonesia di Sydney:

1. Search di mbah Google dengan kata kunci berikut: perpanjangan paspor Indonesia di Sydney

Hasil search menyebutkan dua situs yang lumayan valid:

2-Kemlu

2. Dari situs Kemlu, saya menemukan tautan yang menjelaskan lumayan lengkap cara pengurusan perpanjangan paspor Indonesia – Silahkan dibaca sendiri dengan seksama.

3-Perpanjangan-Paspor-Biasa-Habis-Masa-Berlaku

Hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Formulir permohonan paspor harus diisi dengan lengkap beserta persyaratan-persyaratannya yang lumayan banyak
  • Biaya permohonan A$ 40
  • Prosesnya (katanya) memakan waktu 4 hari kerja.
  • Jam pelayanan… ini yang penting!! … Pengajuan hanya bisa dilakukan dari jam 9.15am – 12.15pm dan pengambilan hanya bisa dilakukan dari jam 2.15pm – 3.30pm

4-formulir-perpanjangan
3. Mengisi formulir perpanjangan paspor dan melampirkan dokumen pelengkap

Ada 2 halaman formulir yang perlu diisi yang kebanyakan hanya data-data standar formulir. Dokumen pelengkap yang diperlukan adalah:

  • Paspor asli RI yang lama
  • Fotokopi akte kelahiran / ijazah / surat nikah / surat baptis berbahasa Indonesia. Jika berbahasa asing, harus diterjemahkan/legalisasi ke dalam Bahasa Indonesia.
  • Fotokopi bukti ijin tinggal / visa
  • Fotokopi SIM / bank statement / rekening listrik / air / telepon / gas
  • Pasfoto 3 x 4 sebanyak 2 lembar (foto 3 bulan terakhir)

5-syarat
4. Jika anda berada di wilayah NSW, anda harus datang sendiri untuk menyerahkan berkas ke KJRI Sydney di 236 – 238 Maroubra Road, Maroubra 2035.

Pengajuan hanya bisa dilakukan dari jam 9.15am – 12.15 pm.

5. Tunggu 4 hari, atau tanggal yang ditentukan ketika anda menyerahkan berkas, dan datang lagi ke KJRI Sydney antara jam 2.15pm – 3.30 pm untuk mengambil paspor baru anda.

Saya datang ke KJRI jam 2.45pm. Di situ sudah ada 2 orang yang menunggu dan tidak ada orang yang melayani di loket. Sampai 3.15pm, ga ada yang melayani di loket sampai ada satu bule yang complain: Katanya jam pengambilan hanya 2.15 – 3.30, tapi kok sampai jam 3.15 masi ga ada yang ngelayani juga?

Perpanjangan Paspor Indonesia

Perpanjangan Paspor Indonesia

Kesimpulan: Dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu, proses perpanjangan paspor Indonesia di Sydney sudah jauh lebih lumayan. Situs Konsulat Jenderal sudah terpusat dan dipegang oleh Kementrian Luar Negeri (5 tahun lalu masi pake .org.au). Informasi yang tersaji di situs tersebut juga sudah jauh lebih lengkap. Yang tidak berubah hanya jam pengajuan dan jam pengambilan yang lumayan memberatkan (ditambah dengan ketidaksiapan petugas di loket pada jam tersebut).

Pencegahan dan Pertolongan Pertama Pada DBD

DBD

Demam Berdarah Dengue atau yang lebih keren disebut DBD memang sedang mengintai siapa saja, terutama di musim hujan ini. Oleh karena itu, saya tidak bosan mengingatkan untuk kita sekalian menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar sebisa mungkin terhindar dari DBD.

Cara mencegah penularan DBD sebenarnya cukup murah dan sederhana. Prinsipnya adalah jangan sampai kita membiarkan perkembangbiakan nyamuk yang menjadi perantara penularan virus dengue (penyebab DBD).
 

Caranya?

Gampang, biasanya disebut dengan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur)

 

  • Kuras bak mandi sering-sering… supaya kalau ada jentik nyamuk yang nebeng disitu, tidak bisa tumbuh dan berkembang menjadi nyamuk.
  • Tutup semua tempat yang jadi penampungan air.. genthong kek.. gelas kek… apa aja, asal dia menampung air, lebih baik ditutup. Kenapa? biar nyamuk ngga bertelur disitu…
  • Kubur barang-barang tak terpakai yang mungkin bisa menjadi tempat air tergenang.. seperti kaleng bekas atau wadah air mineral bekas yang tak terpakai. Kenapa? supaya air ngga nampung disitu, trus bisa dijadiin tempat bertelur dan berkembang biak jentik nyamuk..

 

Kurang?

Tambahin nih..

  • Bereskan baju-baju yang bergelantungan di luar lemari.
  • Kalau perlu, pakai anti nyamuk saat beraktifitas
  • Kalau perlu, pakai obat nyamuk dan kelambu saat tidur.
  • Kerja bareng tetangga kiri kanan bersihin goot dan sauran air

 
Intinya sih Gaes… JAGALAH KEBERSIHAN!
 

Gimana sih gejala DBD?????

 
Secara umum, gejalanya hampir sulit dibedakan dengan gejala penyakit infeksi lainnya… tetapi di musim penghujan ini, jika anda atau anak anda atau keluarga atau sodara bin tetangga yang mengalami:

  • Panas mendadak tinggi >38,5 C. ini diukurnya pake termometer ya gaes… bukan sama tempelan telapak tangan di jidat. Jadi ngga ada salahnya investasi beli termometer… murah meriah.
  • Sakit kepala yang menjadi jadi
  • Seluruh badan terasa sakit semua bin remuk redam
  • Ada gangguan saluran pencernaan, misalnya mual-mual tanpa sebab, atau muntah…
  • Ada tanda-tanda terjadi perdarahan. Misalnya bintik-bintik merah di kulit yang kalo diteken dikit sama benda bening kayak gelas/kaca/penggaris plastik ngga ilang, atau mimisan
  • Tetangga kiri kanan ada yang kena DBD

 
Boleh kita curiga bahwa kita sedang terkena DBD. Ngga usah panik dulu… bisa dilakukan langkah-langkah berikut:

  1. Atasi gejala yang timbul.

Maksudnya, obati gejala-gejala yang dianggap sangat mengganggu, misalnya panas, nyeri badan dan mual muntahnya.. Saran saya, berinvestasilah pada Paracetamol, Antasida, dan Difenhidramin dirumah… murah meriah dan sangat bermanfaat.. Kalau merek dagangnya ya macam-macam… silahkan dicari sendiri.

  1. Beri cairan yang cukup

Minum cairan yang cukup, terutama yang mengandung elektrolit… mau pakai oralit ya boleh, mau pakai minuman elektrolit semacam air kelapa, atau minuman komersial lainnya ya boleh… yang jelas jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Ingat, dehidrasi bisa meningkatkan suhu tubuh juga.. plus bikin lemes gaes..
Minum jus jambu boleh????

Boleh aja. Tapi tidak terbatas pada jus jambu ya gaes.. multivitamin pada buah penting buat kita.. jadi disarankan pada kondisi seperti ini konsumsi jus segala buah… buah apa aja boleh.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Beri cairan yang cukup, dan sebisa mungkin meski mual atau muntah usahakan nutrisi tetap masuk meski sedikit sedikit tapi sering. perhatikan juga kandungan gizinya. gizi yang cukup akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Boleh diutamakan makanan yang mengandung protein tinggi.
Masih kurang puas? boleh aja ditambah dengan suplemen vitamin atau imunobooster atau imunoregulator misalnya sorry sebut merek Stimuno atau Imboos Force…atau multivitamin lainnya.

  1. Awasi dan Waspadai

Maksudnya, kalo perlu bikin catatan kapan mulai panas, jam berapa saja panasnya muncul, gejala apa saja yang muncul, dan jam berapa saja minum obat.

Sangat disarankan untuk melakukan cek laboratorium terhadap trombosit darah pada hari pertama panas. Kemudian pada hari selanjutnya juga (serial)… baik dilakukan tiap hari atau 2 hari sekali untuk melihat apakah ada tren penurunan trombosit selama terjadi panas.

Perlu diingat pola panas pada DBD. Dan ingatlah bahwa pada hari ke 4/5 adalah masa kritis… jika pada hari ke tiga suhu tubuh mulai menurun disertai dengan badan menjadi lebih lemes, ngga usah banyak pikir, bawa segera ke RS.

Semoga bermanfaat
 
DBD

Butuh Sakit Untuk Sehat? – Part 1

Butuh Sakit Untuk Sehat?

Saat itu, adik bungsu pulang dari luar kota. Dan seperti biasa, kami foody frenzy sekeluarga. Kemarinnya kami makan2 di Eat n Eat (es krim duriannya memang haujek soroh), paginya kami makan sop konro dan sop saudara di Aroma Makassar, lalu lanjut malamnya makan nasi kebuli dan krengsengan kambing dari Kampung Arab. Kemudian saat sedang bercanda ngakak2 bersama keluarga, tiba2 saya merasa fly dan susah bernafas. Nyaris saya terjatuh dari kursi karena kehilangan keseimbangan dan mata sedikit berkunang2. Dengan bingung, saya duduk sandaran dinding, berusaha mengatur nafas dengan pelan sambil memejamkan mata. Sedikit membaik, malam itu saya putuskan untuk tidur cepat.

eskrim durian

sop sodara

sop konro

Butuh Sakit Untuk Sehat?

Ah, dan tidur malam itu seperti maalm terpanjang untuk saya agar bisa tidur. Karena untuk sekedar bernafas saja seperti tidak nyaman. Dengan terlentang gagal, saya miring kanan-kiri sampai tertidur entah jam berapa. Esok paginya, saya bangun dengan keadaan yang sama dengan beberapa minggu sebelumnya. Kaki kiri dari pergelangan kebawah sedikit nyeri saat menapak, hilang keseimbangan, dan kepala pusing. Biasanya pusing begitu akan membaik setelah saya mandi pagi dan sarapan. Tapi ini hingga hampir jam 12 siang kepala masih pusing, berat, dan nafas tersengal2. Melakukan kegiatan sedikit saja semisal naik tangga, akan ngos2an. Maka setelah makan siang, saya memutuskan mampir ke bidan tetangga sebelah untuk numpang tensi darah.

Dan betapa terkejutnya saya (juga istri yang menemani, termasuk yang melakukan pengukuran) karena tensi saya adalah 150/110! Karena tensi normal manusia adalah paling tinggi 120/80, dan 150/110 sudah termasuk hipertensi stadium 1. Dirumah, bini langsung membuatkan gesrutan 1 timun (besar), lalu disuruhnya saya habisin. Sore itu juga saya mendatangi praktek dokter umum tetangga. Begitu ditensi sama dokternya, lumayan, tensi turun 135/100. Namun tetap sang dokter menganggap itu hal yang serius. Dugaan sementara, saya mengalami hiperkolesterol dan hipertensi awal. Saya diberi resep glucovanche (untuk menurunkan kadar gula darah) dan Lipitor (untuk menurunkan kadar kolesterol). Dokter (alhamdulillah) belum menemukan kondisi gagal jantung ato serangan jantung pada saya saat itu. Tapi dengan kondisi hiperkolesterol dan hipertensi seperti itu terus menerus,maka ada kemungkinan saya terkena (astaghfirullah) jantung koroner.

kadar-tekanan-darah-rendah

Juga saya diwajibkan merubah pola hidup ugal2an. Harus memulai olahraga (jalan kaki selama 30-60 menit tiap hari ato minimal 150 menit dalam 1 minggu), mengurangi konsumsi gula-karbohidrat-protein hewani (kambing/sapi/ayam/telur)-protein laut (kepiting/cumi/kerang/udang), perbanyak makan sayur dan buah, tidur minimal 6 jam dalam 24 jam, selalu berpikir positif, dan menghindari stress. Dokter menenangkan saya yang saat itu sudah pucat pasi, bahwa saya tidak merokok dan tidak minum2an keras sehingga mempermudah upaya menyehatkan badan. Tapi saya harus serius merubah gaya hidup sebelum terlambat. Menurunkan berat badan jalan awalnya. Memang menurunkan berat badan tidak terlalu berhubungan dengan serangan jantung. Tapi dengan menurunkan berat badan saya yang saat itu 97 kilogram, akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain juga mempermudah menormalkan hiperkolesterol dan hipertensi saya.

Bagaimana ceritanya kolesterol berhubungan dengan serangan jantung? Serangan jantung terutama disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Pada penyakit jantung koroner, sejenis lilin yang disebut plak terbentuk di bagian dalam arteri jantung. Plak terbentuk dari kolesterol dan sel-sel lainnya. Jumlah plak meningkat perlahan-lahan dan membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit. Sedikit darah dapat mengalir melaluinya dan keping darah dapat menumpuk di depan plak dan membuat penggumpalan. Jika penggumpalan pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit, maka serangan jantung terjadi. Kebanyakan penyakit jantung koroner, yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan perilaku dan gaya hidup. Hal ini termasuk makan makanan tak sehat, tidak banyak bergerak, merokok dan meminum terlalu banyak alkohol. Serangan jantung adalah gawat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan penderita. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dapat diperbaiki pada jam pertama saja. Gejala yang utama serangan jantung adalah sakit yang sangat pada dada. Sakit bisa saja terjadi pada bahu, perut, dan rahang. Suatu serangan jantung selalu merusak otot jantung.

Coronary_heart_disease

HeartAttack

Sang Dokter melanjutkan, bahwa serangan jantung memang tidak bisa dengan mudah dikenali hanya dari kadar kolesterol ato rendahnya tensi darah saja. Tapi membutuhkan observasi serius dari tes darah, EKG, sampai dengan treadmill-test, dan lainnya. Maka tahap pertama dari observasi itu adalah, saya diputuskan untuk menjalani tes darah kolesterol lengkap-gula darah-asam urat esok harinya. Malam itu, istri saya menyiapkan 1 butir kentang kukus dengan lauk tumisan sayur sawi penuh bawang putih sebagai makanan. Saya tidak ada masalah dengan makanan itu. Saya justru bermasalah dengan isi kepala saya, bahwa saya mengalami tanda2 parah ke arah serangan jantung. Dan itu terbawa terus setiap saya akan berangkat tidur..

 

Bersambung..

 

Butuh Sakit Untuk Sehat?

Pengusaha, Pegawai dan Hutang

Pengusaha, Pegawai dan Hutang

*baca fatihah*

*berharap semoga tulisan yang ditulis dengan hati yang halus dan logika yang tidak tumpul, kenanya ke orang lain juga sama*

 

Pengusaha, Pegawai dan Hutang

 

Latar Belakang

Akhir-akhir ini banyak beredar tulisan di media sosial perihal pengusaha-pengusaha yang sukses berusaha tanpa hutang satu sen pun. Yang kemudian biasanya diakhiri dengan ‘tantangan’ supaya kita tidak mudahnya tergiur berhutang.

Memang tujuannya baik, tapi ada baiknya kita telaah lebih lanjut perihal hutang ini dari pengalaman pribadi seorang Djon Snow (bukan nama sebenarnya dan bukan nama karakter Game Of Thrones).

 

Dasar Teori

Dalam logika spiritual yang kita anut, kita percaya bahwa Tuhan tidak menciptakan semua dalam kaidah yang “sama”. Benar-benar sama secara harfiah. Ya kan? Itu lah kenapa orang-orang seperti kita tidak dengan mudah menghakimi orang lain atas kenyataan yang mereka terima/lakukan. Termasuk, keyakinan bahwa Tuhan tidak menciptakan semua orang jadi pengusaha, ataupun jadi pegawai/pekerja. Menghakimi bahwa pengusaha lebih mulia daripada pekerja, sama artinya menghakimi takdir Tuhan. Kenapa? Karena jika semua orang jadi pengusaha, dan usahanya menjadi besar, mereka pasti akan butuh pegawai-pegawai untuk membantunya. Di sisi yang lain, orang-orang dengan keterampilan yang tinggi tapi tidak memiliki modal yang cukup untuk menjadi pengusaha, butuh orang-orang yang bisa mengkapitalisasi idenya menjadi sesuatu yang ada harganya, menjadi lapangan kerja buat para pegawai. Simbiosis inilah yang menjaga keseimbangan alam, perputaran  ekonomi. Walau di sisi yang lain, akibat konflik yang terus menerus terjadi secara politik dan sosial, munculah ide kelas pemilik modal (kapitalis) dan kelas pekerja (sosialis). Tapi itu pembahasan kita yang lain.

Berikutnya, coba lihat iklan property deh. Semua property harganya selalu naik tiap Senin (ok, kau bisa bilang ini hanya marketing tricks, tapi itulah faktanya), sedangkan gaji pegawai “hanya” naik setahun sekali, itupun harus ditunjang banyak faktor: revenue perusahaan, belanja modal untuk tahun berjalan, bla bla bla. Jika beruntung, maka gaji bisa naik diatas nilai inflasi, jika tidak ya siap-siap gaji hanya tergerus oleh inflasi saja. Di sisi lain, rumah selain menjadi tempat tinggal, juga bisa menjadi aset investasi terbesar yang dimiliki. Kenapa? Karena luas daratan tidak bertambah, bro! Dan pilihan tanah akan semakin terbatas. Jadi kalau pegawai mau punya rumah tapi belinya cash, tidak pakai hutang, teori matematikanya begini: buat target beli rumah berapa tahun lagi dengan harga berapa juta. Setelah itu hitung berapa tiap bulan harus disisihkan. Setalah beberapa tahun itu, berdoalah semoga saat tiba waktunya masih ada rumah yang dijual sesuai tabungan yang dimiliki. Kalau sudah tidak ada, ya tabung lagi. Berdoa lagi. Semoga masih ada umur dan belum keburu punya tanggungan-tanggungan lain yang lebih besar.

Berikutnya, punya hutang non-konsumtif berbeda dengan hutang konsumtif. Gampangannya begini, kalau hutang konsumtif tidak ada bekasnya, jadi begitu tidak mampu bayar maka tidak ada aset pengganti untuk membayarnya. Mungkin itu yg masuk ke dalam golongan gharim. Sedangkan hutang non-konsumtif berbeda. Ada aset yg menjadi jaminannya. Jadi kalau debitur tidak mampu bayar, aset bisa dijual untuk melunasi hutangnya (bahkan masih ada sisanya). Jadi ya dia tidak termasuk gharim, kan tidak punya hutang lagi.

 

Based on True Story

Marilah kita kembali ke kisah nyata seorang Djon Snow. Hampir satu dekade yang lalu dia hijrah ke Jakarta, modalnya Cuma selembar tiket kereta dan uang 300rb saja. Beruntung punya banyak teman yang baik hati dan mau menampung, kasih kasur, kasih makan, dan lain-lain untuk sementara waktu hingga si Djon bisa dapat gajinya yang pertama, yg “hanya” beberapa juta saja saat itu, dan menghidupi dirinya sendiri. Si Djon tidak punya orang tua yang kaya raya. Saat hijrah ke Jakarta, bekal dari kedua orang tuanya hanya restu dan doa siang-malam yang tidak pernah putus. Mikirin beli rumah di Jakarta? Boro-boro! Selain menghidupi dirinya sendiri, si Djon mash harus menghidupi orang tuanya di dusun sana. Beli rumah adalah pilihan nomor sekian ratus setelah bertahan hidup dan menghidupi kedua orang tuanya.

Singkat cerita, si Djon menikah. Habis itu butuh rumah buat keluarganya. Total penghasilan si Djon dan istrinya saat itu hanya sekitar 15juta. Total pengeluaran rutin tiap bulan sekitar 10 juta, sisa sekitar 5 juta. Harga rumah di saat itu sudah 300 jutaan. Pakai matematika sederhana saja, jika harga rumah naik sekitar 20% per tahun, maka dengan tabungan 5 juta per bulan (dan asumsi bisa naik 15% per tahun), baru bisa beli rumah sekitar 10 atau 11 tahun berikutnya. Silakan dicoba pakai excel.

Si Djon tidak “sesabar” itu menunggu, belum lagi lokasi yang diinginkan juga semakin menipis stock lahannya. Akhirnya dipakailah opsi KPR. Dengan cicilan yang kurang lebih sama dengan tabungan yg dimampu per bulan, bisa dapat rumah. Dan atas kuasa Illahi, tidak sampai 5 tahun si Djon bisa melunasi hutang KPR nya. Kenapa? Gaji Djon dan istrinya meningkat sejalan dengan peningkatan karir mereka, ditambah bonus dari perusahaan, ditambah lagi si Djon dan istrinya tidak tertarik untuk punya hutang konsumtif, bahkan mobil pun dari kantor si Djon saja saat itu (jadi tidak perlu keluar uang untuk membeli).

Setelah rumah pertama selesai, dengan gaji total si Djon dan istrinya yg sudah berkali-kali lipat dari saat mereka pertama kali membeli rumah, mereka berpikir untuk investasi buat anak-anaknya. Instrumennya banyak, mereka punya reksadana saham, logam mulia, saham di perusahaan teman-temannya, tapi tetap yang paling sexy adalah landed house. Harga tanah akan selalu naik, karena luas daratan tidak bertambah. Jadi digunakanlah kembali opsi KPR untuk rumah kedua. Selang itu berjalan, si istri juga tertarik dengan apartment, jadi diambil pula dengan opsi KPA. Mereka menganut asas hanya boleh berhutang untuk hal non-konsumtif, dan rasio cicilan total semua hutang tersebut tidak boleh lebih dari 35% dari total penghasilan mereka. Ini juga ada penjelasannya, tapi lain waktu saja.

Si Djon melakukan itu bukan untuk “wowkeren”, apanya yg wowkeren? Menjamin keamanan finansial untuk keluarga itu bagian dari syariat Islam juga kok. Cara mendapatkannya juga nggak kemaruk. Nggak pakai uang korupsi. Nggak pakai nilep kanan-kiri. Nggak ngoyo pula. Ya setidaknya itu menurut si Djon.

 

Kesimpulan

Dengan tanpa mengurangi rasa keyakinan bahwa Tuhan telah menetapkan rizqi untuk semua makhluk-Nya, manusia tetap harus berupaya sekuat tenaga, sekeras mungkin, semenderita mungkin untuk memenuhi semua kewajibannya sebagai manusia, apapun peranan yang dibebankan kepadanya. Karena hal itulah yang nanti akan dia pertanggujawabkan kepada Tuhannya kelak. Menghakimi orang lain yang memilih pilihan yang berbeda dalam hidup ini, tentu selain tidak bijak juga mengingkari kenyataan bahwa memang Tuhan menciptakan semua itu dengan keseimbangan. Semua manusia ada jalannya. Dan semua jalan, ada manusianya.

 

Pengusaha, Pegawai dan Hutang

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bohong

Cara Mengetahui Berita Hoax

Baru-baru ini saya berdiskusi dengan seorang teman yang sangat yakin bahwa berita yang beliau share di facebook sangat benar dan bukan hoax. Judul dari berita itu juga sangat bombastis:

BAHAYA Makanan Anak Kinder Joy Ternyata Penyebab Kanker!

Tentu saja sebagai orang yang awam di dunia makanan dan kesehatan, beliau dengan mudahnya ditakuti oleh artikel tersebut. Kemudian, mulailah membagikan link tersebut ke semua orang yang beliau peduli.

Yang menjadi masalah adalah jika kemudian orang-orang yang dibagi berita tersebut percaya langsung dengan isi beritanya karena yang membagi berita adalah orang kepercayaannya. Jadi hal yang semula hoax malah diyakini sebagai berita yang benar dan valid.

Bagaimana Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bohong?

Ada beberapa tips yang bisa saya bagi ke anda mengenai cara untuk mengetahui bahwa suatu berita itu mengandung kebenaran atau hanya bohong semata:

1. Cari di Google: [Nama Berita] hoax

Saat ini, (hampir) tidak ada berita yang tidak dapat dicari di Google. Cara pertama ini juga sangat cepat dan mudah untuk dilakukan semua orang.

Jadi, sama seperti anda mencari informasi tentang berita hoax, anda juga bisa mencari di Google tentang kebenaran informasi tersebut. Untuk contoh diatas, anda bisa menuliskan kata kunci di Google: Kinder Joy Kanker Hoax. Google kemudian akan melaporkan situs-situs yang menuliskan berita tersebut (kalau ada).

Salah satu contoh situs yang melaporkan bahwa berita Kinder Joy dapat mengakibatkan kanker itu hoax adalah situs Hoax or Fact. Situs ini menjelaskan dengan lumayan detil bahwa berita Kinder Joy tersebut adalah hoax. Situs ini juga lumayan banyak melaporkan berita-berita hoax lainnya.

Tetapi permasalahan mendasar disini adalah bahwa berita yang anda dapatkan mungkin sama-sama kurang ‘scientific’ dan dapat dibantah juga.

2. Tanya ke orang yang lebih ahli

Untuk cara yang kedua ini memang memakan waktu yang jauh lebih lama karena anda harus mencari orang yang ahli di bidang teknologi pangan dan/atau kesehatan. Mereka juga harus mengetahui secara lengkap bahan-bahan yang dianggap mengandung kanker di dalam Kinder Joy. Pada akhirnya, mereka bisa memberikan informasi kepada anda resiko-resiko yang anda bisa dapatkan dalam mengkonsumsi Kinder Joy tersebut. Mungkin anda tidak akan mendapatkan resiko kanker, tapi resiko-resiko lain, seperti obesitas, dll.

3. Anda melakukan riset sendiri

Cara yang terakhir ini mungkin hanya bisa dilakukan jika anda adalah ahli di bidang tersebut. Dalam contoh Kinder Joy ini mungkin anda bisa melakukan riset jika anda adalah seorang ilmuwan di bidang teknologi pangan yang bisa memisahkan unsur-unsur kimia yang terkandung di dalam makanan tersebut.

 

Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda untuk menyaring berita dan dapat membedakan antara berita hoax dan berita yang benar dan valid.

Cara Mengetahui Berita Hoax

Cara Mengetahui Berita Hoax