Politisi Australia

Tony Abbott dan Kevin Rudd

 

Jika anda kebetulan sedang berada di Australia sekitar bulan Agustus dan September 2013. Anda pasti akan melihat / mendengar / terbayang kedua orang diatas ini sedang beradu argumen di ‘medan perang’ menyongsong pemilihan umum di negara ini. (Komentar berlebihan) tidak ada semenitpun terlewatkan tanpa mendengarkan kedua orang ini beradu argumen, media radio, televisi, dan bahkan internet pun tidak luput menjadi medan peperangan. Sampai berita ini ditulis, survey membuktikan bahwa keduanya bukan merupakan calon yang ideal (lebih banyak yang tidak puas dengan gaya kepemimpinan keduanya). Tetapi jika harus memilih, sementara ini partai koalisi lebih unggul.

Masalah terbesar Kevin Rudd memang terletak pada ketidakstabilan di partainya. Bayangkan dalam tiga tahun terakhir, beliau berhasil digulingkan dan menggulingkan Julia Gillard dari jabatan ketua partai dan/atau perdana menteri. Meskipun dia lumayan terkenal, masyarakat juga lumayan was-was dan berpikir ‘jangan-jangan nanti dia digulingkan lagi’. Sementara itu partainya Tony Abbott memang dari dulu lebih mementingkan dunia bisnis dimana mereka bisa menciptakan banyak lapangan kerja baru. Memang masalah yang sulit jika membandingkan keduanya, karena disatu sisi orang butuh bekerja, dan disisi lain kebutuhan primer juga harus dipenuhi. Kedua partai ini hanya menawarkan salah satu sisi.

Sebenarnya ada juga partai-partai ga jelas, seperti tercantum diĀ wikipedia ini, contohnya: Australian Sex Party, Help End Marijuana Prohibition Party, bahkan The Wikileaks Party juga ada. Mayoritas dana partai-partai tersebut berasal dari donatur masyarakat dan atau pemilik usaha!

Kevin Rudd mungkin satu-satunya Perdana Menteri di dunia ini yang sangat aktif di dunia maya tak kurang dari 9000 tweets sudah dikicaukan dari account pribadinya @KRuddMP. Kalau kita bandingkan dengan twitter presiden tetangga @SBYudhoyono yang cuma 872 (itupun yang megang accountnya staff khusus presiden). Yah, mungkin yang setara dengan Kevin Rudd adalah POTUS @BarackObama.

Beginilah sekilas mengenai kinerja Politisi Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *