Perpanjangan Paspor Indonesia di Sydney

Lima tahun yang lalu saya menulis tentang cara pembuatan paspor di Sydney untuk paspor Indonesia dan Australia di blog gratisan (blogger). Untuk artikel kali ini, saya akan membagi menjadi tiga bagian:
– Perpanjangan Paspor Indonesia
– Mengurus paspor Indonesia untuk anak (tautan menyusul)
– Mengurus paspor Australia untuk anak (tautan menyusul)

Di bagian pertama ini, saya akan menuliskan langkah-langkah yang saya tempuh untuk perpanjangan paspor Indonesia di Sydney. (kenapa Sydney? Karena saya tinggal di Sydney.) Mengurus paspor untuk dewasa relatif lebih mudah persyaratannya dibandingkan dengan mengurus paspor untuk anak.

Berikut langkah-langkah yang saya tempuh dalam pengurusan perpanjangan paspor Indonesia di Sydney:

1. Search di mbah Google dengan kata kunci berikut: perpanjangan paspor Indonesia di Sydney

Hasil search menyebutkan dua situs yang lumayan valid:

2-Kemlu

2. Dari situs Kemlu, saya menemukan tautan yang menjelaskan lumayan lengkap cara pengurusan perpanjangan paspor Indonesia – Silahkan dibaca sendiri dengan seksama.

3-Perpanjangan-Paspor-Biasa-Habis-Masa-Berlaku

Hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Formulir permohonan paspor harus diisi dengan lengkap beserta persyaratan-persyaratannya yang lumayan banyak
  • Biaya permohonan A$ 40
  • Prosesnya (katanya) memakan waktu 4 hari kerja.
  • Jam pelayanan… ini yang penting!! … Pengajuan hanya bisa dilakukan dari jam 9.15am – 12.15pm dan pengambilan hanya bisa dilakukan dari jam 2.15pm – 3.30pm

4-formulir-perpanjangan
3. Mengisi formulir perpanjangan paspor dan melampirkan dokumen pelengkap

Ada 2 halaman formulir yang perlu diisi yang kebanyakan hanya data-data standar formulir. Dokumen pelengkap yang diperlukan adalah:

  • Paspor asli RI yang lama
  • Fotokopi akte kelahiran / ijazah / surat nikah / surat baptis berbahasa Indonesia. Jika berbahasa asing, harus diterjemahkan/legalisasi ke dalam Bahasa Indonesia.
  • Fotokopi bukti ijin tinggal / visa
  • Fotokopi SIM / bank statement / rekening listrik / air / telepon / gas
  • Pasfoto 3 x 4 sebanyak 2 lembar (foto 3 bulan terakhir)

5-syarat
4. Jika anda berada di wilayah NSW, anda harus datang sendiri untuk menyerahkan berkas ke KJRI Sydney di 236 – 238 Maroubra Road, Maroubra 2035.

Pengajuan hanya bisa dilakukan dari jam 9.15am – 12.15 pm.

5. Tunggu 4 hari, atau tanggal yang ditentukan ketika anda menyerahkan berkas, dan datang lagi ke KJRI Sydney antara jam 2.15pm – 3.30 pm untuk mengambil paspor baru anda.

Saya datang ke KJRI jam 2.45pm. Di situ sudah ada 2 orang yang menunggu dan tidak ada orang yang melayani di loket. Sampai 3.15pm, ga ada yang melayani di loket sampai ada satu bule yang complain: Katanya jam pengambilan hanya 2.15 – 3.30, tapi kok sampai jam 3.15 masi ga ada yang ngelayani juga?

Perpanjangan Paspor Indonesia

Perpanjangan Paspor Indonesia

Kesimpulan: Dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu, proses perpanjangan paspor Indonesia di Sydney sudah jauh lebih lumayan. Situs Konsulat Jenderal sudah terpusat dan dipegang oleh Kementrian Luar Negeri (5 tahun lalu masi pake .org.au). Informasi yang tersaji di situs tersebut juga sudah jauh lebih lengkap. Yang tidak berubah hanya jam pengajuan dan jam pengambilan yang lumayan memberatkan (ditambah dengan ketidaksiapan petugas di loket pada jam tersebut).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *