Kiat Sukses Sir Alex Ferguson

 

Jika anda mengikuti perkembangan sepak bola dunia, sosok Alex Ferguson pasti sudah tidak awam lagi. Selama 26 musim, beliau adalah manager Manchester United yang telah mempersembahkan 13 piala Liga Inggris dan 25 piala-piala lain, termasuk diantaranya 2 Piala Champions League (tahun 1999 dan 2008).

Sir Alex Ferguson

Kehebatan beliau teruji ketika rival-rival telah digelontorkan uang ratusan milyar poundsterling dari juragan minyak Timur Tengah dan Rusia. Manchester United tetap saja bercokol di puncak klasemen Liga Inggris.┬áHarvard Business Review baru-baru ini merilis artikel mengenai Kiat Sukses Sir Alex Ferguson yang bertajuk ‘Ferguson’s Formula‘.

 

Mari kita simak rahasia sukses beliau!

1. Mulailah dari Fondasinya

Sir Alex percaya bahwa beliau tidak hanya membangun sebuah tim sepak bola, tetapi membangun klub sepak bola. Oleh karena itu, beliau sangat mementingkan pengembangan bibit-bibit masa depan Manchester United. Hal ini terbukti di sekitar tahun 90an dan 2000 dimana pemain-pemain seperti David Beckham, Ryan Giggs, dan Scholes dihasilkan dari sekolah sepakbola Manchester United!

2. Berani membongkar tim

Berapa banyak manager yang berani menjual pemain terbaiknya di masa keemasaannya? Mungkin hampir tidak ada. Tetapi Ferguson tidak takut menjual pemain-pemain seperti David Beckham, Van Nistelrooj, dan Cristiano Ronaldo yang notabene merupakan ujung tombak tim.

Hal ini bukan bermaksud untuk membongkar keharmonisan tim, tetapi lebih kearah kontribusi pemain-pemain tersebut 3 tahun yang akan datang. Forward-thinking inilah yang menyebabkan Sir Alex Ferguson mampu bersaing dengan tim-tim karbitan yang mulai marak di Liga Inggris.

3. Pasang Standar Tinggi – dan pastikan semua mengikutinya!

Ferguson menjunjung tinggi sifat pantang menyerah dan selalu berusaha melakukan yang terbaik, bahkan hal ini ditekankan melebihi skill teknis yang diajarkannya. Beliau selalu mencari pemain yang merupakan ‘Bad Losers‘ dan pekerja keras. Sifat ini menjalar ke hampir semua pemain yang berada di bawah naungan beliau. Mereka tidak akan terima jika ada pemain lain yang tidak berjuang sekuat tenaga (tidak peduli mereka adalah pemain yang paling terkenal).

4. Jangan Pernah Kehilangan Kontrol

Hampir semua pemain sepak bola Liga Utama Inggris adalah milyarder. Manager harus memastikan bahwa dia tidak dikontrol oleh pemain atau bahkan berani menjual pemain yang mempunyai aura negatif terhadap kepentingan tim. Ferguson berani memecat / menjual kapten tim Roy Keane dan Ruud Van Nistelrooj ketika mereka mulai tidak kooperatif. Hal ini berguna untuk mencegah berkembangnya issue yang lebih besar.

Sir Alex Ferguson

5. Sampaikan Pesan sesuai dengan momen-nya

Sir Alex Ferguson mungkin sangat terkenal dengan ‘Hairdryer treatment‘ nya yang konon membuat pemain sangat takut mendengarnya. Tetapi di sisi lain, beliau juga tidak akan segan memberikan ucapan selamat kepada pemain yang telah berjuang sekuat tenaga. Bahkan beliau sering berbicara dari hati ke hati kepada pemain yang tidak masuk tim inti.

Hal terpenting adalah kita harus mengatakannya pada saat itu juga. Jika ada pemain yang berbuat salah, beliau akan memberikan ‘uneg-uneg’-nya saat itu saja, tetapi tidak akan berkepanjangan.

6. Siap Menang

Anda tentu masih ingat di tahun 1999, Manchester United tertinggal 0 – 1 sampai menit ke 90. Tetapi apa yang terjadi kemudian? di 3 menit ‘Added Time‘, United berhasil memasukkan 2 gol ke jala Bayern Munich.

Ferguson memang terkenal sebagai gambler – tukang mengambil resiko – karena menurut beliau, jika ada pergantian taktik, Manchester United masih mungkin bisa memenangkan pertandingan. Jika masih tetap kalah? Ya Nasib…

7. Observasi

Sir Alex bukan merupakan manager yang micro-manage tim nya, beliau mendelegasikan tugas sehari-hari kepelatihan ke asisten-asistennya. Ini bukan berarti beliau kongkow-kongkow dan ngopi, tetapi beliau mengobservasi kondisi tim nya. Dengan cara ini, beliau bisa mengetahui kondisi psikis pemain-pemainnya: apakah dia lagi down? punya masalah pribadi? kecapean?

8. Tidak pernah berhenti beradaptasi

Mungkin Manchester Unitead tidak (belum) dibacking oleh juragan minyak Timur Tengah atau Rusia, tetapi kemampuan beliau untuk beradaptasi tidak kalah dengan pelatih klub-klub tersebut. Tetapi kalau masalah fasilitas, MU tidak kalah! Mereka punya fasilitas training terbaik di Eropa yang dilengkapi dengan medical facility dan bahkan menyediakan ruangan Vitamin D buat pemainnya karena di Manchester sangat jarang terkena sinar matahari.

Alex-Ferguson-1803070

One Reply to “Kiat Sukses Sir Alex Ferguson”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *