Janji Politik – Caleg Bersih, Caleg Syariah

Janji Politik di Pemilu 9 April 2014

Semakin kita mendekati hari h pemilu di Indonesia, tanggal 9 April 2014, tentunya suhu politik di Indonesia hampir mendekati titik didih. Caleg tanpa hentinya menebarkan janji politik apa yang akan mereka lakukan JIKA mereka terpilih menjadi anggota dewan yang (katanya) terhormat.

Ratusan, bahkan mungkin ribuan, situs bernuansa pemilu bermunculan bagaikan jamur yang tumbuh subur. Belum lagi iklan di media cetak, televisi, di jalan-jalan, yang konon menyedot dana tak kurang dari 16 Triliun rupiah!

Organisasi-organisasi masyarakat dan politik juga tidak henti-hentinya menyebarkan (yang kemudian di-copas oleh media ‘mainstream’) artikel-artikel yang menyerukan rakyat untuk memilih caleg jawara mereka.

Ada dua artikel yang menurut saya menarik untuk dibahas kali ini: Caleg Bersih dan Caleg Syariah.

Caleg Bersih

Daftar caleg bersih 2014 ini konon katanya dirilis oleh beberapa lembaga ternama di Indonesia, yaitu KontraS, ICW, PSHK, YLVHI, WALHI, TII dan KPA. Mereka berargumen bahwa dari sekitar 6,607 orang caleg di Indonesia, hanya ada 60 yang ‘bersih’. Jadi kalau dilihat jumlah anggota dewan (560), akan hanya ada 10.71% orang yang bersih (dengan asumsi bahwa 60 orang tersebut semua terpilih).

Caleg Syariah

Di sisi lain, Gozian merilis daftar yang menarik. Mereka menyebutkan bahwa (sementara ini) hanya ada 19 orang caleg yang Syariah (atau setara dengan 3.39%).

Kesimpulan dari Janji Politik untuk Pemilu 9 April 2014

Jika anda mencermati daftar caleg bersih dan caleg syariah diatas, anda akan menemui kesimpulan bahwa, caleg bersih tidak syariah, dan caleg syariah tidak bersih. Menarik bukan? Padahal, kedua parameter ini menurut sebagian besar rakyat Indonesia (klaim sepihak yang kami rasa anda juga akan setuju) sangat penting sekali dipunyai oleh Caleg dalam Pemilu kali ini.

Sebagai penutup, kami menemui situs yang ditulis di tahun 2009 mengenai janji SBY-Boediono jika memenangi pemilu tahun itu. Sudahkah mereka memenuhi janji itu?

Pemilu itu memang bagai memilih kucing dalam karung dan memilih yang terbaik dari orang-orang yang tentunya mempunyai kelemahan masing-masing (Superman pun lemah terhadap Kryptonite!). Semoga Indonesia dapat lebih baik dengan caleg pilihan anda di Pemilu 9 April kali ini.

 

bersih 2014
(Sumber gambar: bersih2014.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *