5 Fakta Calon Presiden Republik Indonesia 2014

Untuk Capres 2014 ini, saya sebelumnya berencana memberikan ulasan capres satu per satu. Tetapi, baru upload visi dan misi saja, teman2 yang doyan kampanye hitam langsung berkomentar ‘kok begini, kok begitu, kok yang satu duluan’

Jadi, saya ubah formatnya sedikit menjadi bentuk tabulasi dan di sederhanakan menjadi 5 Fakta Calon Presiden Republik Indonesia 2014, gosip-gosip miring, dan rekomendasi dari saya mengenai kriteria memilih.

 

Siapa yang harus saya pilih?

Mungkin itulah yang ada dibenak anda dalam pemilihan umum calon presiden Republik Indonesia 2014. Saya tidak akan mengarahkan anda untuk memilih salah satu calon tersebut. Tetapi, saya bisa memberikan rekomendasi apa saja yang harus anda perhatikan dalam menentukan pilihan tersebut:

1. Karakter dasar. Konsensus umum menyebutkan bahwa Prabowo memiliki trait militeristik dari latar belakang militernya, sementara Jokowi ber-image sebagai ‘orang baru’ yang mungkin tidak akan terpengaruh oleh ‘orang-orang lama’. Didalam menilai karakter ini, teman saya mempunyai sudut pandang yang menarik: Orang bilang Prabowo otoriter, saya akan bilang Tegas dan Patriot sejati ..Orang bilang Prabowo akan suka nembak orang, saya akan bilang bahwa pemimpin hebat itu yg tegas pada penjahat dan sayang pada rakyat.

2. Fokus kerja. Hal ini mungkin yang agak susah untuk dimengerti karena setiap individu mempunyai agenda sendiri-sendiri. Sebagai contoh, saya pribadi menginginkan calon presiden yang lebih mengutamakan perbaikan di bidang Kesehatan dan Pendidikan masyarakat. Jadi saya akan mencari tahu dari kedua calon ini manakah yang akan memperhatikan nasib guru dan tenaga medis lebih dari calon yang lain.

3. Subsidi BBM. Jokowi mengatakan akan menghapus subsidi BBM dalam jangka waktu empat tahun, sedangkan prabowo menjanjikan pengurangan subsidi BBM.

4. Bagaimana dengan klaim tidak korupsi? Keduanya mungkin secara individual tidak (/belum/tidak ketahuan) korupsi, tetapi aturan pemilu mengharuskan masing-masing calon untuk diusung oleh partai politik. Jika dilihat dari dukungannya, kedua calon presiden Republik Indonesia 2014 ini didukung oleh partai politik yang anggotanya pernah terlibat korupsi. Kalau kita boleh flashback sedikit ke sebuah partai yang mengatakan tidak pada korupsi? Kenyataannya…

5. 1 Desa 1 M / 1.4 M? Keduanya pernah menjanjikan  bahwa setiap desa di Indonesia akan diberi dana 1 milyar rupiah atau lebih yang katanya untuk kemajuan desa. Untuk yang ini saya kurang yakin kalo dapat berjalan dengan sempuran (lihat penjelasan tentang korupsi diatas). Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pembangunan di Indonesia sangat tidak merata, dan desa-desa di Indonesia membutuhkan dana tersebut. Tetapi, bagaimanakah eksekusinya? Jangan sampai ini jadi ladang korupsi baru…

Jika anda ingin membaca cara memilih yang lebih panjang lebar, silahkan anda membaca tulisan Ahmad Firdaus ini tentang kriteria memilih berdasarkan Integritas, Niat, Kemampuan, dan Hasil.

5 Fakta Calon Presiden Republik Indonesia 2014 Calon Presiden Republik Indonesia 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *