Embung

Klo buat di kota sih masalah air jelas sipirili. Tapi klo buat rakyat desa di gunung2 ato yg sekitarnya ndak ada sumber air? Lucu klo liat suatu daerah yg susah sumber air tapi dipaksakan dibangun jalur perpipaan PDAM.

Lahan kering
Lahan kering

bromo

Seperti sebuah daerah tempat asal seorang tokoh terkenal purnawirawan, entah kenapa begitu dipaksakan walo sudah dihitung2 rakyatnya tidak akan sanggup menutupi itu biaya PDAM. Akhirnya, merugi terus. Dan rakyatnya kekeringan. Lalu itu investasi buat apa?

petani-kekeringan
Solusi embung mungkin adalah jangka pendek ato malah jangka panjang bagi petani ato rakyat yg letak daerahnya tidak terdapat sumber air sebagai pengairan. Solusi ini lebih menarik dibandingin pemda ngirim tanki air tiap hari ke daerah kekeringan, kan?

Antri air
Antri air

Jadi… Apa itu Embung?

Embung atau tandon air merupakan waduk yang dibangun untuk menampung kelebihan air hujan di musim hujan. Air yang ditampung tersebut selanjutnya digunakan sebagai sumber irigasi di musim kemarau atau disaat curah hujan makin jarang. Embung merupakan salah satu teknik pemanenan air (water harvesting) yang sangat sesuai pada ekosistem tadah hujan atau lahan kering dengan intensitas dan distribusi hujan yang tidak merata, embung dapat digunakan untuk menahan kelebihan air dan menjadi sumberair irigasi pada musim kemarau. Secara operasional sebenarnya embung berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak di musim kemarau dan penghujan. (FX. PIETRINO SUHARDI, S T.)

Membangun Sebuah Embung

Sebuah pembangunan embung dimulai dengan observasi lapangan apakah daerah tersebut memang tidak terdapat sumber air yg memadai. Kemudian observasi berlanjut kepada apakah daerah tersebut mempunyai curah hujan memadai untuk mengisi embung tersebut. Dilanjutkan dengan observasi kontur tanah. Pembangunan embung dengan ukuran 4500 meter kubik ato 1500 meter persegi dengan kedalaman 3 meter, membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 6 bulan dan berbiaya sekitar 500 jutaan. Artinya, dari masa observasi hingga pembangunan selesai hanya butuh waktu 1 tahun.

embung

Pembuatan embung
Pembuatan embung

Dalam jangka waktu 1 tahun, dan dengan observasi yg tepat, seharusnya masalah kekeringan dapat teratasi. Sehingga petani dan rakyat tidak perlu mengantri air mobil tanki kiriman setiap saat. Dengan pengairan yg bagus, tanah pertanian juga tidak akan kesulitan air walo dalam musim kemarau dan kekeringan. Dan produksi pangan tetap lancar.

Embung_Temanggung

Pompa embung
Pompa embung

One Reply to “Embung”

  1. Pelihara pepohonan yg menjadi sumber mata air disekitar pegunungan, ada desa di jawa tengah saat musim kemarau spt ini malah berlimpah sumber mata air karena penanaman pohon besar2an 3 tahun terakhir.. jadi klo tidak ada pepohonan ya sumber mata air jg kering 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *