Jadi Dokter Umum di Australia

Dokter Umum (atau biasa disebut sebagai General Practitioner) di Australia sangat berbeda dengan dokter umum yang berada di Indonesia.

Menjadi Dokter Umum di Indonesia

Kalau di Indonesia lumayan mudah untuk jadi dokter umum. Anda cukup lulus jenjang pendidikan dokter (masuknya bisa dengan cara bayar ataupun ikut ujian) selama 5,5 tahun. Kemudian, ngurus surat ijin praktek. Beres!

Jadi Dokter Umum di Australia

Kalau di Australia, pemerintah Australia menjelaskan dengan bagus struktur pendidikan untuk menjadi dokter umum. Hal ini bisa dilihat dari situs Job Guide berikut ini.

Intinya adalah, anda harus mendapatkan nilai yang sangat bagus di tahun ke 12 (SMA Kelas 3). Bidang yang disorot adalah Inggris, Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Di beberapa Universitas seperti UNSW, nilai (yang biasa disebut ATAR) rata-rata mahasiswa yang ke terima adalah 99.60 dari 99.95.  Yang punya nilai ATAR dibawah 96.00, otomatis langsung ditolak aplikasinya.

Setelah itu mereka juga diwajibkan untuk mengikuti tes UMAT (Undergraduate Medicine and Health Sciences Admission Test). Calon mahasiswa yang diperbolehkan untuk ikut tahap berikutnya harus mendapatkan nilai minimal 150.

Tahap interview untuk UNSW diikuti oleh hanya sekitar 500 calon mahasiswa. Kemudian yang diterima sebagai mahasiswa hanya sekitar 135 orang.

Setelah lulus mereka tidak bisa langsung bekerja sebagai dokter umum. Mereka masih harus mengambil satu tahun internship di teaching hospital untuk bisa dapat surat ijin bekerja sebagai tenaga medis dari Medical Board of Australia. Mereka juga harus lulus Working with Children Check, National Police Check dan riwayat imunisasi. Dalam tahap ini, mereka hanya bisa bekerja di Rumah Sakit.

Untuk menjadi dokter umum yang buka praktek sendiri, mereka masih harus melanjutkan studi spesialisasi di bawah naungan Royal Australian College of General Practitioners. Anda harus menjadi fellow di institusi tersebut yang berarti tiga tahun training sebagai general practitioner dan harus lulus ujian di akhir periode tersebut. Tahun lalu, calon dokter umum yang lulus ujian tersebut hanya 44.6%.

Dokter Umum Indonesia yang mau melamar menjadi Dokter Umum di Australia

Menurut Medical Board of Australia, hanya ada 35 Universitas di Indonesia yang diakui pendidikan Kedokterannya. Untuk menjadi dokter umum harus mengikuti dua buah ujian persamaan yaitu AMC CAT MCQ Examination dan AMC Clinical Examination. Setelah itu anda harus mendapatkan pekerjaan di Rumah Sakit dan bekerja selama 12 bulan di Rumah Sakit tersebut. Anda akan mendapatkan General Registration dari Medical Board of Australia. Tetapi dengan registrasi ini, anda masih belum boleh praktek sendiri.

Sama seperti lulusan Australia, anda masih harus mengikuti proses dari Royal Australian College of General Practitioners.

Dokter Umum di Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *