Cara Jitu Menarik Simpati

Beberapa bulan (tahun??) terakhir ini saya mengamati teknik pencitraan beberapa elemen masyarakat yang terkena kasus yang diharapkan mampu menarik simpati masyarakat.

Berikut teknik yang umum digunakan:

1. Pake baju Muslim
Jika anda terkena kasus (korupsi, narkoba, kecelakaan maut, dll), datanglah ke pemeriksaan dengan menggunakan peci atau kerudung (meskipun anda tidak pernah memakainya seumur hidup anda). Simpati pembaca akan meningkat drastis dengan cara ini, apalagi negeri harapan kita mayoritas penduduknya muslim. Syukur-syukur jika memang benar-benar insap…

2. Beri keterangan pers bahwa ini adalah ‘Musibah’
Posisikan diri anda sebagai orang yang iba dan haus belas kasihan, serta deklarasikan kasus anda sebagai ‘musibah‘. Jika anda punya massa yang lumayan banyak, do’a mereka diharapkan mampu menangkal masalah yang sedang anda hadapi. Yang saya agak heran, jika anda memang tidak bersalah, kenapa harus bilang bahwa hal ini adalah ‘musibah’?

3. Terdiagnosis oleh ‘ahli’ mengalami tekanan batin, gangguan jiwa, atau istilah keren lainnya
Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa pendapat para ahli adalah mutlak kebenarannya… (kecuali kasus satu ini – iPad bisa buat telpon?).

4. (Khusus buat yang punya duit sangat banyak!)  Bayar aja dendanya dan santuni keluarga korban
Belum tahu apakah ini akan berakhir sedikit berbeda dengan kasus Xenia maut yang berakhir dengan vonis penjara 19 tahun. Si Dul, anak musisi kondang Negeri Harapan, sudah dijanjikan tidak akan dituntut oleh keluarga korban karena telah menyantuni mereka, cukup dengan Rp 1.5 milyar.

5. ‘Saya Pejabat’
Enough said… Mungkin ini bukan cara yang ampuh untuk menarik simpati masyarakat, but who cares?? Cara ini sangat ampuh untuk menarik simpati pejabat hukum yang levelnya di bawah anda! Mana ada yang berani pegang tangan anda jika besok mereka bisa dipecat oleh atasannya?

Bukti yang paling terkini: Rasyid mampu melenggang tanpa merasakan hawa tahanan meskipun akibat perbuatannya juga menghilangkan nyawa manusia.

Apakah anda punya Cara Jitu Menarik Simpati yang lainnya? Silahkan tuliskan di comment box di bawah ini!

 

Cara Jitu Menarik Simpati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.